BUJR KHALIFA GEDUNG TERTINGGI DI DUNIA

Burj Khalifa Gedung Tertinggi di Dubai Uni Emirates Arabia


gedung tertinggi di dunia

Gedung | Bangunan Burj Khalifa


Dubai adalah salah satu kota yang tergabung di Uni Emirat Arab dan merupakan kota yang cukup maju. Letaknya yang berada di sepanjang Teluk Persia membuat kota yang satu ini memiliki landscape yang berfariasi, sehingga tak salah lagi jika Dubai ini begitu terkenal keindahanya. Selain letak yang menjadi alasan keindahannya, hal lain yang membuat Dubai ini tak asing lagi di setiap orang adalah desain arsitektur modernnya.

Beberapa waktu terakhir di Dubai sedang lebih ramai di bicarakan karena telah berhasil mendirikan Bangunan | Gedung Tertinggi di Dunia yang dinyatakan telah memecahkan rekor dunia. Bagaimana tidak, bangunan yang satu ini hampir mendekati ketinggian 1 kilometer. Sebut saja Burj Khalifa. Saya akan sedikit berbagi informasi tentang bangunan yang megah ini.

Arsitektur Gedung Burj Khalifa


Burj Khalifa | Gedung Tertinggi adalah bangunan karya Arsitek yang bernama Skidmore, Owings dan Merrill yang saat ini memecah rekor dunia karena ketinggiannya. Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Dimulai dari melewati ketinggian Taipei 101 sebagai bangunan tertinggi di dunia pada 21 Juli 2007.

Pada tanggal 12 September 2007, Burj Khalifa berhasil melewati ketinggian CN Tower sebagai struktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia dan pada tanggal 7 April 2008 struktur tertinggi di dunia dari Menara KVLY-TV yang berada di Blanchard, North Dakota, Amerika Serikat berhasil dilewati. 

Gedung Burj Khalifa sendiri memiliki tinggi 828 m dan lantai sebanyak 160. Bisa dibayangkan seperti apa jika anda berdiri dibawah gedung ini, apa lagi jika berada di lantai yang teratas dari gedung yang satu ini

Gedung Tertinggi di Dunia


Gedung Tertinggi | Burj Khalifa ini mulai dibagun sejak tahun 2004 dan pencetusnya adalah Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum. Di tengah pembangunan gedung ini sempat mengalami krisis, yaitu sekitar tahun 2007, pada saat itu nama gedung ini adaah Burj Dubai. 

Namun akhirnya seorang pemimpin Uni Emirat Arab yang bernama Khalifa bin Zayed Al Nahayan bersedia menginvestasikan dananya untuk menyelesaikan pembangunan gedung ini. Berkat pendanaan darinya, gedung ini selesai dibangun dan diresmikan pada tanggal 4 Januari 2010 dengan nama Burj Khalifa.

Sudah bisa di tebak kenapa terdapat perubahan pada nama gedung itu. Perubahan nama sudah pasti dimaksudkan untuk penghormatan dan simbol terimakasih kepada Presiden Khalifa bin Zayed Al Nahayan. Dan kita akan tahu Gedung Tertinggi di Dunia di Tahun ini 2016 yang hampir mencapai 1 Km tingginya.

Artikel Terkait