CARA AMAN MENGAMBIL UANG DI ATM | TIPS PALING AMAN DI MESIN ATM

Inilah Tips aman tentram dalam cara dan Tips mengambil uang di ATM yang berada di lokasi tempat-tempat umum. ATM | Anjungan Tunai mandiri sudah tidak bisa dilepaskan dari keseharian kita. Meskipun sudah terasa aman dan sering mengambil uang, beberapa cara mengambil uang di ATM berikut perlu untuk selalu kita ingat.



AMAN MENGAMBIL UANG DI ATM

CARA AMAN MENGAMBIL UANG DI ATM


Cara Mengambil uang di ATM - Cara mengambil uang melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri) memang mudah, namun perlu berhati-hati. Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, beberapa tips aman mengambil uang di ATM bank untuk menghindari kelalaian Anda. Kelalaian nasabah adalah kelakuan nyata berefek pada hilangnya saldo pada rekening. Meskipun yang paling menyeramkan adalah pembobolan rekening oleh para cybercrime. Beberapa kasus masih sering terjadi seperti ini.

Mengambil uang di ATM sudah menjadi kebiasaan kita. Semua keamanan sebenarnya sudah di atur oleh bank penyedia layanan, karena saat ini bank negara maupun swasta di Indonesia sudah memiliki sistem keamanan canggih untuk menanggulangi tindakan kriminal dunia maya khususnya keamanan rekening para nasabah. Meskipun hal ini juga mendorong pelaku kejahatan menjadi semakin pintar dan selalu mencari celah.

Namun begitu, tetaplah Berhati-hati dan waspada sebagai dasar dari tindakan aman mengambil uang dari mesin ATM, sebab kejahatan terjadi karena adanya kesempatan. Hal ini dimanfaatkan sepenuhnya oleh para pelaku “kriminal dadakan” istilahnya begitu. Misal; Anda lupa tidak mengambil kembali kartu ATM setelah melakukan transaksi, Anda hanya mengambil uangnya saja. Itulah beberapa kelalaian yang masih saja sering terjadi.


TIPS AMAN BERADA DI ATM 


Bukannya curiga, tetapi kita harus selalu waspada untuk memperhatikan orang di belakang kita ketika kita mengambil uang di ATM. Jika terjadi kelalaian, Kelalaian ini bisa saja dimanfaatkan oleh orang yang antri di belakang Anda dan memiliki kesempatan untuk bertindak jahat menguras uang dalam rekening Anda. Meskipun tindakan seperti ini sudah tidak berlaku, rata-rata mesin ATM sekarang menggunakan sistem terbaru.

Jika kartu sudah keluar dan belum di cabut, saat di masukkan lagi akan meminta nomor PIN ulang. Jadi, kesempatan itu tidak bisa digunakan oleh orang yang tidak mengetahui PIN dari kartu ATM tersebut. Ini salahsatu sistem aman mengambil uang di ATM yang dibuat oleh pihak bank untuk melindungi nasabah dan kemungkinan buruk lainnya.
Apa saja tips aman mengambil uang di ATM bank agar tidak lupa?

1. Hindari mesin ATM yang kelihatan sepi pengunjung

Sudah banyak modus kejahatan yang mungkin terjadi melalui mesin ATM, ada cara modern menggunakan micro hardware yang di tempatkan di mulut tempat memasukkan kartu ATM. Biasanya ditempel dengan isolatip dan kasat mata, alat ini akan mengcopy semua data transaksi.

Dalam mengambil uang di ATM, sebaiknya hindari tempat-tempat yang sepi atau jauh dari keramaian. Ada beberapa pelaku kejahatan menggunakan hipnotis, ini yang paling parah. Jika area mesin ATM terdapat orang-orang mencurigakan, kira-kira bukan nasabah sebaiknya cari tempat lain saja.

2. Menutup area keyboard saat memasukkan nomor PIN ATM

Ketika mengambil uang di ATM, Meskipun tidak ada yang antri di belakang Anda, tutup dengan tangan atau benda lain di area keyboard. Dikhawatirkan, ada yang dengan sengaja memasang micro kamera di sekitar mesin. Ini salahsatu modus kejahatan yang masih sering digunakan oleh beberapa pelaku.

3. Mengganti nomor PIN secara berkala di ATM Anda

Ini merupakan tips aman mengambil uang di ATM bank paling mudah namun juga paling menyusahkan, mengapa? jika Anda lupa nomor PIN terbaru setelah penggantian berkala, mau tidak mau harus mengurus ke bank untuk aktivasi ulang PIN. Heheheheheee kadang teknologi tidak selalu mudah kan.

4. Jangan mudah percaya dengan orang yang baru Anda kenal

Janganlah percaya jika ada orang menawarkan bantuan utk menelpon costumer service bank dari handphone orang yang baru Anda kenal tadi, karena diduga itu bukan nomor costumer service dari bank ATM tersebut. Biasanya pelaku kejahatan sudah sengaja membuat error pada mesin ATM terlebih dahulu. Langsung tanyakan pada orang sekitar atau pindahlah mencari Mesin ATM lain dalam mengambil uang di ATM yang berbeda.

5. Jika kartu ATM Anda tertelan mesin ATM

Cobalah raba lubang masuknya kartu ATM pada mesin yang Anda pakai mengambil uang di ATM tersebut. Jika memang itu permainan dari penjahat dengan modus telan kartu ATM, maka Anda akan dapat menemukan suatu alat seperti sejenis jepitan, batang korek api atau lidi, cobalah tarik benda itu, maka kartu Anda akan kelihatan terkait disana. Segera pergi dari tempat yang tidak aman tersebut.

6. Jika kartu ATM Anda tertelan dalam mesin 

Langsung lapor ke Security setempat, dan mintalah ke pihak keamanan untuk segera mengisolir lokasi tersebut dengan memberikan pengumuman “Mesin ATM ini rusak”, dan segeralah hubungi nomor yang dapat dihubungi untuk menampung keluhan Anda.

Jika kantor bank yang bersangkutan bersebelahan dengan mesin ATM yang menelan kartu Anda tadi, sebaiknya mintalah print out rekening untuk mengetahui Outstanding saldo rekening anda pada jam tersebut, untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan. (Misalnya kesalahpahaman mengenai sisa saldo tabungan yang masih anda miliki).

Usahakan setiap anda menelepon menyampaikan keluhan Anda, dan Anda wajib mengetahui identitas orang yang anda hubungi tersebut. Cobalah Mengambil uang di ATM yang lain dengan sedikit resiko misalnya kita coba mengenal salahsatu Scurity atau orang yang sering disana. Karena dengan mengenal orang-orang sekitar, kemungkinan kita untuk terkena kejahatan semakin berkurang.

7. Diharamkan memberitahukan nomor PIN kepada orang lain

Meskipun itu saudara Anda sendiri sebaiknya jangan, takutnya saudara Anda ini yang lupa menaruh sembarangan catatan nomor pin ATM Anda. Apalagi orang yang tidak Anda kenal, simpan dalam catatan pribadi Anda di rumah.

8. Tidak perlu mencatat nomor PIN di Handphone

Saudara saya sendiri pernah mengalami ini, semua catatan penting termasuk nomor rekening dan PIN ATM ada di dalam Handphone. Tidak sengaja Handphone hilang, kurang tau itu di copet atau jatuh.
Seminggu setelah kejadian itu, ketika mau menarik uang dari rekening ternyata tidak bisa. Ternyata saldo sudah kosong. Kebiasaan kurang baik di point nomor 8 ini perlu diwaspadai dalam Tips aman mengambil uang di ATM ini.

SELALU WASPADA JIKA BERADA DI MESIN ATM


Inilah Tips aman mengambil uang di ATM bank yang perlu Anda ingat setiap waktu, mengingat modus-modus kejahatan di mesin ATM semakin beragam. Yang pasti, usahakan mengambil uang selalu mengajak teman atau saudara untuk menemani. Atau ke temapt-tempat ATM yang anda sudah yakin tingkat keamanannya.

Teknologi Mesin ATM ini digunakan untuk kemudahan kita semua. Jadi perlu pengguna yang bijak pula agar kita semua Aman dalam mengambil uang di Mesin ATM yang kita kenal ini.

Artikel Terkait