IRITASI KULIT BAYI | RUAM POPOK DAN CARAMENGATASINYA

Informasi penting bagi yang masih memiliki Bayi | Kesehatan Bayi dan Balita adalah masalah yang sering sekali timbul dan masih banyak Orang Tua yang belum mengerti benar dalam usaha merawat si kecil kesayangan ini.


 
IRITASI KULIT BAYI

MENGATASI IRITASI PADA KULIT BAYI


IRITASI KULIT | RUAM POPOK menjadi pertanyaan terbanyak dalam hal kesehatan bayi dan Balita yang kami dapatkan. Peradangan Kulit bayi pada bagian yang tertutup popok ini dapat menimbulkan Iritasi yang mengganggu kenyamanan si Kecil sehingga Bayi anda sering sekali rewel atau menangis.

Pemilihan Popok yang tepat dan benar akan membantu sekali untuk Bayi kita dan Kesehatan si Kecil secara umum. Dan usaha pencegahan menjadi sangat penting agar Ruam Popok dan iritasi pada kulit Bayi ini dapat dihindari sedini mungkin.

PENYEBAB RUAM POPOK | IRITASI KULIT PADABAYI


Pemakaian POPOK SINTETIS atau Celana berlapis Plastik sering menimbulkan Iritasi Kulit bayi secara langsung. Hal ini disebabkan karena timbunan Urine dan Kotoran yang tidak segera di bersihkan. Dalam posisi tertutup, penyerapan Zat Kimia dari Urine dan Kotoran bayi ke Kulit semakin cepat di bantu oleh Suhu yang panas karena popok yang tertutup rapat. 

Jika ini dibiarkan secara berulang dan terus menerus akan memudahkan jamur dan bakteri di lokasi tertentu badan Bayi mudah berkembang biak dengan cepat. Jika bayi anda menggunakan CLODI yang perlu dicuci, Pilihlah DETERJEN UNTUK BAYI yang aman dan ramah Lingkungan.

KERINGAT BERLEBIH pada Bayi (Terutama yang Gemuk) dapat juga menyebabkan IRITASI KULIT BAYI ini semakin mudah terjadi. Pada bagian-bagian Lipatan Tubuh Bayi seperti Bokong, Leher Bayi, Paha yang biasanya kita lupa untuk mengeringkan setelah selesai mandi. Disinilah jamur Candida Albicans sebagai penyebab RUAM POPOK | IRITASI KULIT BAYI berpotensi untuk tumbuh dan berkembang biak.

RIWAYAT ALERGI KELUARGA juga banyak kita temui sebagai penyebab IRITASI KULIT BAYI. Hindari Pemakaian Kosmetika bayi dengan pH tinggi atau Hair Lotion yang terlalu wangi. Beberapa dokter bahkan tidak menyarankan menggunakan bedak Bubuk/Powder untuk bayi karena partikel bedak yang lembut dapat terserap oleh pernafasan bayi dan bisa berakibat fatal pada sistem pernafasan bayi kita. Hindari mekanan yang berpotensi Alergi pada Ibu yang masih menyusui Bayi nya.

KEKERINGAN KULIT dan pemakaian Sabun Antiseptik yang terlalu sering juga menjadi penyebab IRITASI KULIT BAYI | RUAM POPOK karena peradangan yang disebabkan kontak dengan bahan Kimia yang terdapat pada Sabun Antiseptik tersebut.Jika terlalu sering menggunakan sabun antiseptik ini akan menyebabkan daya tahan tubuh bayi menjadi rentan dan menurun.

SUSU SAPI dengan kadar pH tinggi juga dapat memberikan potensi gatal atau Alergi pada bayi kita. Coba dahulu sebelum benar-benar memberikan Susu ini terhadap bayi anda sampai nanti Usia bayi sudah siap dengan Susu selain ASI ibunya.

PENANGANAN IRITASI PADA KULIT BAYI


Dengan pengalaman tersebut kita berharap dapat meminimalisasi potensi RUAM POPOK | IRITASI KULIT BAYI ini dengan baik dan menjaga kesehatan bayi kita sampai hal yang terkecil. Sudah banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan untuk menjaga Kesehatan bayi kita. 

Pahami semua faktor penyebabnya dan cegah sebelum Iritasi Kulit Bayi ini terjadi dan mengganggu mental serta kenyamanan tidur bayi kita. Gunakan DETERJEN UNTUK BAYI agar pakaian bayi menjadi bersih dan aman dari kemungkinan Iritasi karena Sisa - sisa Surfaktan Deterjen yang tidak kita kenal.

Jika IRITASI KULIT BAYI | RUAM POPOK ini ternyata sudah terlanjur terjadi, untuk sementara atasi dengan menghindari pemakaian Popok Sekali pakai atau yang berbahan plastik dan gantilah dengan Popok yang mudah menyerap keringat dan tidak terlalu tertutup rapat. Segera bersihkan Bayi kita setelah Buang Air Kecil atau besar dengan Sabun yang lembut dan keringkan dengan Handuk lembut sampai benar-benar kering.

Hindari pula pemakaian Bedak Bubuk/Powder untuk sementara Waktu. Selalu untuk chek Tubuh bayi terutama pada bagian lipatan tubuh lalu menjaganya untuk tetap kering dan tidak lembab.

Anda bisa menggunakan kipas Angin kecil untuk sekedar mengeringkan Tubuh bayi dengan kadar yang tepat. Pakailah baju Bayi yang longgar dan berbahan katun yang mudah menyerap keringat agar potensi IRITASI KULIT BAYI | RUAM POPOK ini dapat membantu proses penyembuhan Peradangan pada kulit bayi.


PENGETAHUAN IBU TENTANG KESEHATAN BAYI


Sebagai Orang Tua yang baik, kita wajib untuk mencari Kosmetika kusus bayi yang benar-benar aman dan teruji kualitasnya (Deterjen Untuk Pakaian bayi). Konsultasikan dengan dokter anak dan jangan pernah mencoba dengan mengoleskan Salep atau Krim lain yang biasa orang dewasa gunakan pada bayi yang terkena IRITASI KULIT BAYI | RUAM POPOK.

Dengan pengetahuan yang baik tentang Kesehatan si kecil ini, maka kita dapat melakukan tindakan pencegahan IRITASI KULIT BAYI | RUAM POPOK yang jauh lebih efektif dibanding dengan sistem pengobatan setelah bayi benar-benar mengalami sakit.

Pastikan anda memahami setiap produk Kosmetika untuk bayi anda dan ciptakanlah kondisi dan Situasi yang mendukung Bayi anda untuk Hidup lebih sehat lagi. Chek Ventilasi Rumah Anda agar sehat Buat Bayi dan seluruh Keluarga besar anda.

Selalu berkonsultasi dengan Dokter Anak agar kita dapat mengetahui pasti Kondisi kesehatan si Kecil setiap waktu.

Artikel Terkait