MANFAAT SINGKONG DAN BERBAGAI HASIL OLAHAN DARI UBI KAYU

Banyak yang tidak tahu tentang Ubi kayu, Singkong | Tepung Tapioka yang ternyata bisa menjadi banyak sekali macam dan Jenis Bahan baku atau bahan makanan yang mudah kita jumpai dimana-mana.

GAPLEK SINGKONG

MANFAAT SINGKONG DAN TEPUNG TAPIOKA


Singkong, Ubi Kayu atau Gaplek Singkong (Tapioca/Cassava) sejak dulu sudah terstigma "rendahan-kampungan", padahal dibalik stigma tersebut singkong atau Gaplek Singkong memiliki "power" multi dimensi yang luar biasa.

Selain sebagai bahan dasar pembuat makanan seperti Mie,roti,Glukosa dll,ternyata Tepung Tapioka ini sangatlah berguna sebagai bahan2 olahan lain yang setiap hari kita gunakan dalam kehidupan ini.

Sangat banyak diantara kita yang tidak mengetahui bahkan "buta" sama sekali tentang kegunaan Singkong dan Gaplek Singkong ini. Tanpa kita sadari bahwa ternyata kita semua ummat manusia diseluruh penjuru dunia dalam kurun waktu hidup kita telah menkonsumsi singkong dengan proporsi masing-masing setiap hari....setiap hari ! Entah itu berupa Singkong nya atau Setelah Singkong tersebut diolah menjadi banyak jenis bahan makanan lainnya. 


Bahkan Gaplek Singkong adalah salahsatu Bahan Baku Pakan Ternak yang sangat bagus untuk Sapi dan Binatang berkaki 4 lainnya. Kebeutuhan Gaplek Singkong untuk Peternakan Sapi ini masih menjadi kendala serius karena tidak tersuplaynya Hasil bumi ini secara kontinyu dalam jumlah yang diinginkan.

Berbagai daftar derivatif singkong,ubi kayu dan Gaplek Singkong sebagai berikut :


Singkong /Tepung Tapioca (Tapioca/Cassava Flour) :

1.Sorbitol
2.Modified Tapioca Flour
3.Sorbitol Powder
4.Maltitol
5.Glucose/Maltose Syrup
6.Maltodextrine & Dried Glucose Syrup
7.Dextrose Monohydrate


Secara global derivatif singkong yang disebut diatas kemudian dipergunakan diantaranya diolah lagi menjadi : 

  • Bahan dasar pasta gigi (odol) banyak Merk yang sudah menggunakan ini 
  • Bahan dasar Tablet dan Kapsul 
  • MSG (Bumbu masak) 
  • Aneka Soft drink, Energy Drink, Syrup, Buah Kaleng, dll sebagai pemanis (Glucose) 
  • Saos Tomat, Sambel Botol (Instant), Ikan Kaleng, dll sebagai pengental 
  • Permen (Glucose) dan turunannya 
  • Ice Cream, sebagai pengental dan pemanis 
  • Aneka Waffer, sebagai crispy agent (yg membuat kriuk-kriuk) 
  • Kertas, sebagai perekat dan pemersatu bubur kertas (pulp), kertas ga' akan bisa tinta meresap dengan sempurna kalau tidak ada campur tangan singkong ! 
  • Aneka Lem (Perekat) 
  • Perekat Warna sekaligus pada Textil 
  • Alkohol (medical) 
  • Bio Ethanol (Bahan Bakar masa depan yang sangat ramah lingkungan) 
  • Makanan ternak Sapi ( Gaplek Singkong, Onggok tapioka dan Ampas Sorbitol ) 
  • Aneka makanan ringan tradisional, Krupuk, Bakso dll. 

Nahhh,,,"Sangat luar Biasa bukan,??" Dan akhir-akhir ini semakin mengarah kepadaAmpas atau Limbah dari Hasil Olahan Singkong tersebut semakin dicari untuk dijadikan salahsatu Bahan Baku Pakan Ternak Sapi. Sebuah Manfaat yang luar biasa dan menjadi sumberdaya baru yang mulai mendapatkan tempatnya. Dengan demikian, hampir sudah tidak ada yang terbuang dari hasil Kebun Singkong | Gaplek Singkong ini meskipun sudah melalui banyak sekali proses olahan.

HASIL OLAHAN SINGKONG


Bahkan,demi memenuhi kebutuhan besar akan Tepung Tapioka ini,Dari data kepabeanan kita, Indonesia masih mengimpor tepung tapioca terutama dari thailand dan kamboja. Kan aneh, padahal kalau dilihat dari potensi luasan lahan kita lebih unggul dari kedua negara tersebut, padahal Koes Ploes telah lama "mengingatkan" akan keunggulan singkong dan hampir sebagian dari kita ingat akan lirik berikut : "tongkat kayu dan batu jadi tanaman".

Dengan segala yang bisa dibuat oleh Tepung Tapioka ini,sekali lagi kita sarankan agar kita nggak lagi menganggap remeh akan Singkong dan Gaplek Singkong sebagai hal yang murah dan kampungan.

Keunggulan komparatif lain dari singkong?


1. Mudah di budidayakan
2. Masih banyaknya lahan nganggur disekitar kita
3. Singkong tidak mengenal musim, singkong hanya butuh air dan perwatan intensif 3-4 bulan pertama.
4. Perawatan dan pemeliharaan yg mudah
5. Pasar yang masif

Semakin tahun ,semakin berkurang Singkong | Gaplek Singkong yang ada sebagai bahan baku Tepung Tapioka dan turunannya. Jika ini dibiarkan begitu saja, Import dari Thailand ,Kamboja atau Vietnam akan semakin merajalela dan membuat kita kembali pasif menjadi Konsumen.

Mari kita manfaatkan dengan baik Sumber daya alam kekayaan bangsa ini agar dapat semakin bermanfaat dan berguna bagi kita dan generasi mendatang. Kekayaan alam di bumi Nusantara ini sangatlah kaya akan manfaat yang dapat dijadikan sebagai indikasi kekayaan bangsa ini.

Artikel Terkait