MEMILIH MINYAK VCO YANG BAIK | MEMILIH MINYAK VCO BERKUALITAS

Tidak begitu sulit untuk memilih minyak VCO yang baik | Memilih minyak VCO yang berkualitas agar kita benar-benar mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan sekaligus menemukan berbagai manfaat yang terkandung didalam produk yang kita beli.


VCO COCONOSE
VCO DENGAN SISTEM PRODUKSI TERBAIK

MEMILIH MINYAK VCO YANG BAIK


Virgin Coconut Oil (Minyak VCO) atau minyak kelapa murni merupakan minyak dari kelapa yang diperoleh melalui proses yang tidak melibatkan pemanasan tinggi serta tanpa penambahan bahan kimia. Minyak VCO telah dikenal secara luas, mempunyai banyakmanfaat baik untuk kesehatan, kebugaran, kecantikan dan sebagainya.

Pembuatan Minyak VCO yang tidak melibatkan pemanasan tinggi menjadikan kandungan yang ada di dalam minyak VCO masih tetap utuh (tidak ada yang hilang selama pemrosesan). Oleh karena itu, Minyak VCO yang berkualitas mengandung banyak manfaat karena senyawa-senyawa penyusunnya masih utuh.


Cara memilih Minyak VCO yang benar 


Munculnya produk dengan nama Minyak VCO yang kaya akan manfaat ini mendorong munculnya banyak produsen yang memproduksi dan menjualnya dengan berbagai merk. Cara pengolahannyapun beragam, oleh karena itu kualitas minyak yang dihasilkan juga berbeda. Sebagai konsumen sebaiknya jeli dalam memilih VCO yang akan digunakan. Berikut adalah tips memilih VCO yang berkualitas sehingga bisa memberikan khasiat yang optimal :

Pilihlah Minyak VCO yang jernih, tidak berwarna dan tidak keruh. Semakin jernih semakin baik, itu tandanya proses pembuatan VCO tidak menggunakan pemanasan tinggi.

Pilihlah Minyak VCO yang dikemas dalam botol dan tidak tembus cahaya, dan hindarkan dari kontak angsung dengan matahari karena dengan demikian akan memperpanjang waktu penyimpanannya.
Jangan memilih Minyak VCO yang sudah bau tengik. Ketengikan menunjukkan bahwa VCO sudah rusak, asam-asam lemak yang ada di dalamnya sudah teroksidasi sehingga sudah tidak utuh lagi.


Menurut standar mutu Asian Pacific Coconut Community (APCC), memilih Minyak VCO yang berkualitas haruslah mengandung asam lemak sebagai berikut :


Asam kaproat (0,4 – 0,6%)
Asam kaprilat (5 – 10%)
Asam kaprat (4,5 – 8%)
Asam laurat (43 – 3%)
Asam miristat (16 – 21%)
Asam palmitat (7,5 – 10%)
Asam stearat (2 – 4%)
Asam oleat (5 – 10%)
Asam linoleat (1 – 2,5%)
Asam linolenat (< 0,5%)


Dengan memilih Minyak VCO yang berkualitas, kita akan mendapatkan berbagai macam manfaat antara lain sebagai berikut :


  • Asam laurat pada VCO di dalam tubuh diubah menjadi monolaurin, sebuah senyawa monogliserida yang ampuh mengatasi infeksi virus, bakteri dan protozoa. 
  • Minyak VCO mampu berperan sebagai antivirus, antibakteri, antijamur, anti protozoa. Hal tersebut dikarenakan kandungan asam laurat, asam kaprilat, dan asam kaprat didalamnya. 
  • Kandungan asam kaprat pada Minyak VCO dalam tubuh diubah menjadi senyawa yang telah terbukti sangat efektif menghambat penyebaran virus HIV-AIDS. Minyak VCO bermanfaat untuk menurunkan dan mengobati penyakit jantung koroner. Pada penderita penyakit itu, pembuluh darah koroner menyempit karena ada tumpukan lemak. Hal itu adalah proses yang wajar seiring pertambahan usia. Dengan mengkonsumsi VCO secara rutin dapat melarutkan endapan kolestrol dalam pembuluh darah, sehingga peredaran darah lancar. 
  • Kandungan asam dalam minyak VCO mampu melarutkan membran virus yang berupa lipid sehingga akan mengganggu kekebalan virus. Oleh karena itu ia dapat berperan untuk mengurangi dan mengobati beberapa penyakit yang disebabkan oleh mikroba seperti HIV, hepatitis C, herpes, influenza, cytomegalovirus, Strepcocous sp., Stapilococus sp., gram positive, gram negative, helicobacterpylory, dan candida. 
  • Sementara itu, asam kaprilat yang terdapat pada Virgin Coconut Oil sangat potensial untuk mematikan jamur (candida) penyebab keputihan. 
  • Minyak VCO | Virgin Coconut Oil tersusun atas lemak-lemak rantai sedang (MCFA) yang mudah dicerna oleh tubuh sehingga tidak menimbulkan timbunan lemak pada tubuh, dsb. 


Selain banyak hal yang sudah tersebut diatas, masih banyak lagi manfaat yang terdapat pada minyak VCO diantaranya sebagai berikut :

  • Mementahkan atau mematikan cacing pita , lice, giardia, dan parasit lainnya. 
  • Memberikan sumber nutrisi energi cepat dan mudah larut. 
  • Meningkatkan energi dan daya tahan tubuh yang memperbaiki fisik dan penampilan olahrawan. 
  • Memperbaiki pencernaan dan penyerapan vitamin-vitamin dan asam amino yang dapat larut dalam lemak. 
  • Memperbaiki sekresi insulin dan pendayagunaan glukosa darah. 
  • Meredakan stress pada pankreas dan system-sistem enzim tubuh. 
  • Membantu meredakan gejala-gejala dan mengurangi resiko-resiko yang berhubungan dengan diabetes. 
  • Mengurangi gangguan-gangguan yang berhubungan dengan gejala kesulitan pencernaan dan cystic fibrosis. 
  • Memperbaiki penyerapan kalsium dan magnesium serta serta mendukung perkembangan tulang dan gigi yang kuat. 
  • Membantu melindungi diri kita terhadap serangan osteoporosis. 
  • Mermbantu meredakan gejala-gejala sakit saluran kandung kemih. 
  • Meredakan gejala-gejala yang berhubungan dengan crohn disease, ulcerative colitis, dan bisul perut. 
  • Mengurangi peradangan kronis.


NOTES :

Belum adanya sebuah lembaga atau asosiasi pemerintah yang memperhatian fenomena Minyak VCO ini berimbas pada kurang adanya standart mutu yang seragam dari banyakindustri-industri minyak VCO yang ada sekarang ini. Sedangkan di dunia International sebagai salahsatu pasar empuk produk ini sudah menentukan standart kualitas produk yang jelas. Hal ini yang perlu dipahami oleh para pelaku bisnis untuk Memilih Minyak VCO yang layak mereka produksi.
KUALITAS VCO


Pada uji analisis oleh Laboratorium jasa analisa Pangan Departemen Ilmu dan Teknologi pangan IPB Bogor, sudah didapat tentang kasiat medis Kualitas Minyak VCO yang bisa dipertanggungjawabkan.

Beberapa hal yang perludiperhatikan dalam memilih produk minyak VCO | Virgin Coconut Oil ini adalah warna yang jernih, bening dengan aroma khas Kelapa dan rasa yang enak atau gurih serta ringan di mulut dan tidak gatal di tenggorokan kita. Lalu yang paling penting adalah memilih Minyak VCO yang dibuat tanpa bahan kimia pengawet.

Artikel Terkait