WASPADA VAKSIN PALSU | PILIH VAKSIN ASLI UNTUK ANAK-ANAK KITA

Vaksin Palsu beredar di pasaran - Sungguh jahat para pelaku ini. Demi keuntungan rupiah, mereka memalsukan vaksin | vaksin palsu dan menjualnya ke sejumlah rumah sakit. Bareskrim Polri mengendus ulah para pelaku dan membongkar praktik ini.


BEREDAR VAKSIN PALSU


PENGGEREBEKAN PABRIK VAKSIN PALSU


Menurut Direktur Tipid Eksus Bareskrim Polri, Brigjen Agung Setya, Rabu (22/6/2016) para pelaku digerebek di pabrik mereka di Pondok Aren Tangerang Selatan pada Selasa (21/6). Ada lima orang yang diamankan yakni M, T, A, S, dan L.
"Pabrik pembuatan vaksin palsu ini membuat vaksin campak, polio, dan hepatitis B, tetanus, dan BCG," jelas Agung.

Agung mengungkapkan, di lokasi pabrik Vaksin Palsu tersebut ditemukan tempat yang tidak steril dan penuh dengan obat berbahaya lainnya serta alat untuk membuat vaksin mulai dari botol ampul, bahan-bahan berupa larutan yang dibuat tersangka dan labelnya.

"Pelaku memalsukan vaksin palsu ini dengan cara mengisi ampul dengan cairan buatan sendiri yang menyerupai vaksin aslinya dengan menempelkan merk dan label. Cairan buatan pelaku tersebut berupa antibiotic gentamicin dicampur dengan cairan infus," urai Agung. 

Waspada dengan Vaksin palsu ini dan berusahalah memilih yang asli. Untuk mengetahui produk asli dan palsu, memang harus melalui uji laboratorium, namun menurut Kepala Divisi Penjualan Dalam Negeri Drajat Alamsyah, secara kasat mata produk palsu dapat dibedakan dari bentuk kemasan yang lebih kasar, nomor batch yang tidak bisa terbaca jelas dan, rubber stoper (tutup vial) ada perbedaan warna dari produk asli.

"Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan waspada apabila ada pihak-pihak yang menawarkan vaksin yang lebih murah dari harga distributor, atau tanda-tanda fisik yang mencurigakan,"

Para pelaku Vaksin palsu kemudian digiring ke Bareskrim Polri dengan barang bukti. Pemeriksaan dilakukan secara intensif untuk mengungkap lamanya pembuatan pabrik palsu ini serta peredarannya. Khawatir sudah ada masyarakat yang menggunakan vaksin palsu ini.




VAKSIN PALSU BEREDAR DI SEKITAR KITA


Sejauh ini sudah ada 5 pelaku pemalsuan Vaksin Palsu yang ditangkap mulai dari pembuat Vaksin palsu dan Apotek yang menyalurkan vaksin abal-abal tersebut. Termasuk sudah dimintai keterangan adalah Kurir dan bagian packaging Vaksin palsu yang disinyalir sudah mulai beredar luas ini.
Masyarakat kususnya yang memiliki Anak-anak agar lebih berhati-hati dalam membeli Vaksin untuk kesehatan putra putrinya. Waspada pada beredarnya Vaksin palsu dan Konsultasikan dengan dokter anda agar mendapatkan vaksin asli dari distribusi yang sudah terpercaya.

Artikel Terkait