MEMILIH SAPI BAKALAN TERBAIK | CIRI-CIRI SAPI BAKALAN YANG BAIK

Bulan-Bulan menjelang Bulan Idul Adha ini kami tuliskan bagaimana MEMILIH SAPI BAKALAN TERBAIK untuk mengantisipasi agar kita mendapatkan Sapi yang baik, sehat dan memiliki prospek bagus untuk nanti dilakukan penggemukan dan menghasilkan daging yang baik dan berlimpah.



BAKALAN SAPI



CARA MEMILIH SAPI BAKALAN TERBAIK UNTUK TERNAK


Memilih Sapi bakalan Terbaik tidak semudah menentukan besar atau gemuknya saja, tetapi haruslah memperhatikan kesehatan secara menyeluruh melalui analisa dari bentuk dan penampakan Sapi tersebut. Gampang-gampang susah memang, perlu pengalaman yang sudah teruji dan sudah menggeluti dunia Sapi ini di pasar Hewan maupun di Peternakan yang besar. Perhatikan dan teliti dalam memilih Sapi bakalan agar tidak menyesal di kemudian hari.

Mengenal Sapi Potong dan membeli atau Memilih Sapi bakalan untuk di potong nantinya seperti berjudi saja. Kita harus bisa menakar Sapi dari segala sisi dan menentukan harga Sapi tersebut dengan memperhitungkan Jumlah Daging yang keluar nanti jika Sapi sudah benar-benar di potong. 

Disinilah keunggulan para Blantik Sapi yang sudah kita kenal. Bahkan beberapa Blantik Sapi mendapatkan penghasilan hanya dari menaksir harga dan kualitas Sapi bakalan hanya dengan memperhatikan bentuk Fisik Sapi tersebut.


Sedikit lebih mudah untuk menentukan harga dan Memilih Sapi bakalan Terbaik daripada yang sudah dewasa. Selain soal selera tentang Sapi, ada beberapa ciri dasar Sapi Bakalan yang harus kita mengerti juga. Beberapa pembeli Sapi yang sangat fanatik terhadap jenis Sapi bakalan tertentu misalnya : Sapi Simmental, Limaousin, Sapi Bali, Sapi madura, Sapo PO, Sapi SO Sumbawa dan lain-lain. Akan tetapi apapun Selera pembeli , beberapa kaidah-kaidah umum berikut patut dijadikan acuan dasar sebelum benar-benar membeli dan menentukan Sapi bakalan.


CIRI-CIRI SAPI BAKALAN TERBAIK

  • Usia Sapi Bakalan palin tepat adalah kisaran 2-3 tahun atau maximal Gigi Poel 4 
  • Kondisi Sapi tampak Sehat, lincah dengan pandangan mata yang bersinar terang 
  • Tubuh Sapi Bakalan berbentuk bagus, simetris antara tubuh bagian depan dan bagian belakang 
  • Ke 4 kaki Sapi bakalan simetris depan dan belakang. Tidak tampak menyilang atau berbentuk X atau O disaat sapi berdiri tegak. 
  • Sapi bakalan yang bagus memiliki Dada yang lebar, ini sangat mempengaruhi jika nanti Sapi bakalan ini tumbuh agar terlihat kekar dan berotot. Tampak gagah dan tegak. 
  • Perhatikan Perut Sapi bakalan, agar memilih yang tidak buncit atau menggelayut dengan resiko mengidap penyakit cacingan. 
  • usahakan memegang punggung Sapi bakalan dan pilih yang memiliki punggung rapi, merata dan tidak melemgkung dari depan sampai belakang tubuhnya. 
  • Bagian Belakang seekor Sapi bakalan yang bagus adalah yang besar atau Semok dan tidal lancip. Karena ini adalah indikasi kedepan Sapi yang memiliki pantat yang Semok akan menghasilkan karkas yang lebih banyak dan disukai oleh pemotong Sapi. 
  • Kuku Sapi bakalan perlu kita perhatikan juga dan disarankan memilih yang tidak memanjang dan tidak melengkung. 
  • Pilih Body Sapi Bakalan yang sehat dan kuat, tidak terlalu gemuk atau terlalu kurus. Yang penting tampak sehat dan kuat. 
  • Hindari memilih Body Sapi Bakalan yang pendek diantara Sapi-Sapi bakalan lainnya. Yang lebih tinggi akan lebih baik sebagai bakalan potensial.


Beberapa Syarat Kusus juga perlu diperhatikan sbb :


Beberapa Sapi Bakalan tidak mendapatkan kandang atau tempat yang tepat. Bagi yang berada di daerah dengan iklim terlalu panas, sebaiknya menghindari memilih Sapi bakalan yang berwarna Merah dan berjambul. Kemungkinan turunan Simmental masih ada dan kurang tahan dengan cuaca panas.
Untuk Sapi bakalan Limousin sebaiknya tidak memilih yang berwarna Hitam pekat untuk wilayah dengan suhu panas.
Beberapa Peternakan dengan iklim atau suhu panas mengakalinya dengan pembuatan kandang yang sesuai dengan cuaca setempat.
Demikian sedikit informasi dalam Memilih Sapi Bakalan untuk kita lakukan penggemukan dan memberikan Nilai lebih tinggi jika nanti Sapi sudah saatnya dipotong. Jika ada kekurangan dan kesalahan, mohon untuk diberikan pencerahan lagi. Trimakasih

Artikel Terkait