INDAHNYA JALAN TRANS PAPUA - AMAZING PAPUA - CINTA INDONESIA UNTUK PAPUA

Jalan Trans Papua - Ditangan Presiden Joko Widodo Papua benar-benar disulap menjadi sebuah project besar yang sungguh sangat indah dan mengagumkan membentang dari Utara sampai Selatan daratan papua.


PROJECT TRANS PAPUA


JALAN TRANS PAPUA NAN ELOK DIPANDANG


Jalan Trans Papua - Melintas dari Momugu, Kabupaten Asmat hingga Wamena, Kabupaten Jayawijaya merupakan bentuk kecintaan Presiden Joko Widodo kepada Papua. Jalan Trans papua ini bukan saja sekedar pembangunan jalan saja, akan tetapi sebuah kerja nyata dan kepedulian atas bangsa ini yang hanya bisa dimulai dari seorang Presiden, bukan hanya sekedar wacana dan debat kusir para pengamat Politik dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang selama ini tidak pernah jelas arahnya.

"Saya yakin karena ini kecintaaan presiden. Presiden menginginkan percepatan ekonomi dari tanah papua Papua dan yang pertama adalah kesejahteraan. Tanpa jalan dan infrastruktur yang memadai tak mungkin ada kesejahteraan," kata Gatot Nurmantyo Panglina TNI yang ikut diterjunkan di Nduga, Papua. Hal ini juga merupakan keinginan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat papua yang selama ini sangat tidak mendapat perhatian dari pemerintah pusat sebelum-sebelumnya.

Pembangunan proyek jalan Trans Papua menunjukkan perkembangan sangat significant. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan hingga saat ini Jalan Trans Papua yang sudah tersambung mencapai 85 % padahal seperti baru kemaren saja proyek ini di gagas oleh Presiden Jokowi. Wowww pasti sudah tampak sangat indah dan menakjubkan Tanah papua sekarang. Bisa jalan dengan tenang sambil menikmati pemandangan alami di atas jalan trans papua. amazing papua!!!


PERKERJAAN PROYEK JALAN TRANS PAPUA


Dari total Panjang Jalan Trans Papua 4.325 kilometer (KM), yang tersambung saat ini sudah mencapai 3.667 KM. Dimana selama tahun 2015 saja Kementerian PUPR sudah berhasil membuka jalur baru sepanjang 169 KM, sehingga tahun ini masih tersisa 658 KM lagi yang belum tersambung. 

Rentetan Kerja nyata Pemerintah Jokowi ini bahkan nanti akan disambung dengan jalur Kereta di papua yang pasti akan menambah indah Tanah Papua dan dapat merubah wajah Indonesia bagian Timur ini. Sungguh sebuah kerja nyata dan kongkret dari Pemerintah terpilih sekarang yang di komandoi oleh Presiden jokowi.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Keterpaduan Pembangunan Danis Sumadilaga mengatakan untuk saat ini perkembangan jalur trans Papua yang belum tersambung tinggal 650 KM. "Jadi nanti jalan itu bisa tembus hingga Pegunungan Mulia," kata Danis kepada Katadata akhir pekan lalu. 


Untuk menyelesaikan proyek Jalan Trans Papua ini pemerintah masih membutuhkan anggaran sebesar Rp 6,5 triliun. Asumsinya, butuh Rp 10 miliar untuk menyambung setiap 1 KM jalan. Kebutuhan anggaran ini digunakan hingga proyek tersebut selesai pada 2018. Besarnya dana yang harus disiapkan menjadi sedikit tidak menjadi beban jika kita mengingat akan pentingnya Infrastruktur ini di papua dan demi tujuan jangka panjang yang harus dimulai dari sekarang.

JALAN TRANS PAPUA SELESAI DI AKHIR 2016


Jalan trans papua (Kementerian PUPR) - Jika mengacu asumsi Danis, seharusnya proyek Trans Papua bisa hampir selesai tahun ini. Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 6 triliun untuk Trans Papua seperti yang sudah beberapa kali disampaikan oleh pemerintah. Semoga segera terlaksana dengan baik dan sesuai rencana sehingga dapat segera pula dinikmati Masyarakat setempat termasuk dalam fungsi perdagangan dan transportasinya.

Rencana pemotongan anggaran pada tahun ini juga tidak menyurutkan niat PUPR untuk tetap menyelesaikan jalan ini. Danis menjelaskan anggaran pembangunan Jalan Trans Papua merupakan anggaran prioritas yang tidak akan dikurangi. Danis hanya menyebut kondisi alam wilayah pedalaman yang didominasi pegunungan dan hutan merupakan tantangan utama penyelesaian proyek ini. Namun hal tersebut tidak mengurangi target PUPR untuk menyelesaian proyek ini pada 2018.

"Proyek Jalan Trans Papua dan jalan di perbatasan merupakan prioritas yang (anggarannya) tidak kami kurangi," tegasnya.

Proyek pembangunan Tans Papua yang terdiri dari 12 paket dengan kebutuhan dananya mencapai Rp 40 triliun. Pemerintah berharap dengan berfungsinya Jalan Trans Papua akan bisa menurunkan harga komoditas di Papua yang selama ini lebih tinggi dari daerah lain. Distribusi barang dan Material sampai kesana menjadi kendala sepanjang zaman yang pada akhirnya berimbas pada harga komoditi yang bisa mencapai peningkatan 10 sampai 20 kali lipat dari harga pasar normal di daerah lain.

INFRASTRUKTUR UNTUK PERKEMBANGAN PAPUA


Selain menggunakan Jalan Trans papua , Transportasi Kereta dan Tol laut, pemerintah juga akan membuat transportasi udara untuk mengangkut logistik. Pesawat ini akan beroperasi secara rutin, menembus wilayah pedalaman Papua dan menyapa masyarakat papua beberapa tahun mendatang. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menyebutkan program ini sebagai jembatan udara yang nantinya akan mendongkrak semua aspek kehidupan di tanah Papua menjadi lebih baik lagi.

Model infrastrukturnya mengacu pada transportasi logistik menggunakan pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara untuk menembus wilayah terpencil. Langkah ini merupakan kesinambungan program Jalan Trans Papua, Kereta dan Tol Laut yang masih sedang dijalankan dan memaksimalkan manfaat bagi masyarakat Papua.

“Jembatan udara atau Tol Laut ini akan kami rancang,” kata Rizal. “Kami juga kan berikan subsidi agar harga tarif dan komoditasnya turun.” Sebuah rasa cinta dari Pemimpin Negeri kepada rakyatnya. Semoga ini dapat menjadi Pemimpin yang nantinya dijadikan tuntunan bagi pemimpin penerus negeri ini nantinya.

Artikel Terkait